5 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Solo

Siapa yang tidak mengenal kota Solo ? Salah satu kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki nama resmi Surakarta memang kental akan sejarahnya. Namun, tidak hanya itu, bentangan alam di Solo juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung.

Nah, mau tahu apa saja wisata yang bisa Sobat Hayaa kunjungi ? yuk simak 5 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Solo.

Pandawa Water World Solo Baru

Berbeda dengan objek-objek wisata sebelumnya, Pandawa Water World Solo Baru terbilang destinasi pelesiran modern di tengah Kota Solo. Tempat wisata di Solo ini menawarkan sensasi wisata seru berupa wahana atau permainan air yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. S

elain kolam renang luas, seluncuran, aneka permainan anak, dan ombak buatan, satu hal yang membuat objek wisata ini unik dan begitu disukai wisatawan adalah tema dan konsep epos Mahabarata yang dipakainya. Di Pandawa Water World terdapat patung-patung besar Pandawa lima. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp80.000 pada hari biasa dan Rp100.000 per orang pada akhir pekan.

Ngarsopuro Night Market

Buat sobat Hayaa! yang suka belanja murah namun tidak murahan, sobat bisa mampir ke Ngarsopuro Night Market. Sesuai namanya, tempat wisata di Solo ini merupakan obyek wisata belanja murah yang berlokasi di Jalan Diponegoro, atau tepatnya di wilayah selatan Pura Mangkunegaran.

Wisatawan dapat menemukan Ngarsopuro ini hanya di hari Sabtu dan Minggu. Selain pakaian, sobat Hayaa! juga dapat menikmati kuliner yang tersedia disini. Harga yang ditawarkan juga murah namun tetap memiliki cita rasa yang lezat.

Kampung Batik Kauman

Berkunjung ke Solo belum lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Kampung Batik Kauman. Disini sobat Hayaa! dan wisatawan dapat melihat proses pembuatan batik. Selain itu, ada lokasi pasar yang menjual hasil batik tersebut dengan berbagai motif untuk dijadikan oleh-oleh.

Umumnya batik yang diproduksi pengrajin di sini berupa batik tulis, batik cap, atau batik kombinasi, dengan motif modern dengan warna gelap. Kualitas produk dari kampung batik yang satu ini juga sudah terkenal sampai ke luar negeri, lho. Banyak wisatawan yang sengaja mampir kemari untuk memborong batik, baik sekadar untuk oleh-oleh khas Solo maupun dijual kembali. Harga batik di sini pun bervariasi, mulai dari yang murah hanya dalam kisaran ratusan ribu sampai yang mahal hingga jutaan rupiah.

Keraton Surakarta

Kota yang penuh sejarah sudah pasti memiliki wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Kalau kalian ingin belajar mengenai sejarah Solo lebih detail, berkunjunglah ke Keraton Surakarta. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam.

Selain sebagai lokasi sejarah, ternyata tempat ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal untuk Sri Sunan. Keratonnya sendiri terdiri dari Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan. Setiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda.

Taman Balekambang

Jika Sobat Hayaa! menyukai tempat wisata bersuasana asri dengan pepohonan hijau nan sejuk, datanglah ke Taman Balekambang yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Solo. Taman seluas 10 hektare ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 silam untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Tempat wisata di Solo ini dibagi menjadi dua. Kompleks pertama adalah Partinah Bosch yang merupakan rumah dari berbagai tanaman langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, serta apel cokelat. Sedangkan kompleks satunya bernama Partini Tuin (Taman Air Partini). Tempat ini berupa kolam dengan perahu-perahu hias yang bisa dinaiki wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *