5 Air Terjun Terbaik di Malang

Kota Malang yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur ini memang memiliki area pegunungan yang cukup banyak. Berbicara soal pegunungan, wisata yang wajib dikunjungi tentu saja adalah air terjunnya.

Air terjun atau sering disebut coban, memang menjadi wisata alam yang sering dikunjungi. Biasanya akan memiliki udara yang sejuk dan dingin, sehingga banyak wisatawan yang berdatangan. Disini sobat Hayaa! akan mengulas 5 Air Terjun Terbaik di Malang.

Coban Tundo

Cubon Tundo berada di daerah dataran tinggi, tepatnya di atas Desa Tambakasri, Sumbermanjing Wetan. Ada tiga air terjun berdekatan yang bisa kamu temukan sekali jalan. Dari satu air terjun ke air terjun berikutnya pun kira-kira hanya butuh waktu 10 menit dengan berjalan kaki. Menuju ke Coban Tundo, akses yang biasa digunakan para pengunjung adalah melalui Desa Sukodono, karena jalur kecilnya aman dan tidak membingungkan.

Bagi travelers yang membawa kendaraan roda empat bisa memarkir di halaman rumah warga sekitar Coban Tundo. Jalur menuju ke Cuban Tundo hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua. Masuk Coban Tundo nggak dikenakan biaya sepeserpun. Namun jika kamu membawa kendaraan, biaya parkirnya Rp 10 ribu* untuk mobil dan Rp 5 ribu* untuk sepeda motor.

Nah, air terjun pertama yang bakal kamu temuin bernama Coban Tundo Telu. Air terjun ini bagai kolam kecil, makanya jarang ada yang bermain di Coban Tundo Telu. Yang kedua, Coban Tundo Loro, merupakan air terjun dengan kolam sedalam 8 meter. Di sini, kamu bisa mencoba lompat dari batu besar di sisi kanan air terjun setinggi 5 meter. Yang terakhir, Coban Tundo Siji memiliki kolam sedalam 2 meter. Sekeliling air terjun ini ditumbuhi banyak pepohonan rindang, membuat suasana sekitar sejuk dan tentram.

Coban Kedung Jembar

Lokasi Coban Kedung Jembar berada di Desa Sumberoto, Donomulyo. Kedung Jembar memiliki bentuk yang berundak serta dihiasi kolam-kolam kecil dan kolam utama yang paling besar. Kedalaman kolam utamanya antara 3-5 meter. Biaya masuknya gratis, Sobat Hayaa!. Tapi bagi yang membawa kendaraan, tentu wajib membayar biaya parkir.

Coban Ciblungan

Sama dengan air terjun rekomendasi pegipegi sebelumnya, kondisi alam di sekitar Coban Ciblungan tentu masih sangat terjaga. Jernihnya air menyatu dengan suasana alam yang sunyi. Nggak usah khawatir kalau kamu nggak pandai berenang, karena air terjun ini dangkal, kedalamannya hanya sepaha orang dewasa. Sehingga sangat aman untuk bermain dan berendam. Harga tiket masuknya hanya Rp 5 ribu* per orang, dan tarif parkir kendaraan roda empat Rp 5 ribu* dan roda dua Rp 2 ribu* saja, Sobat Hayaa!.

Coban Nirwana

Coban Nirwana atau yang dulunya bernama Coban Mbok Karimah berada di Desa Gedangan. Nama Coban Mbok Karimah sendiri diambil dari nama tokoh masyarakat setempat, yaitu Mbok Karimah. Coban ini kedalamannya mencapai 3 meter, jadi mesti ekstra hati-hati saat ke sini. Belum ada tarif masuk ke Coban Nirwana ini. Tapi bagi pengunjung yang ingin berenang dan bermain di sini, cukup membayar biaya parkir Rp 2 ribu* untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu* untuk kendaraan roda empat. Makin nyaman karena di Coban Nirwana juga tersedia kamar mandi dan warung makan sederhana yang dikelola masyarakat.

Coban Panca Warna

Coban Panca Warna atau yang biasa disapa Coban Telaga Warna ini berlokasi di jalan Dampit, Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading. Masuk ke air terjun ini enggak dikenakanan biaya apapun, Sobat Hayaa!. Tapi ada biaya parkir Rp 2 ribu* untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu* untuk kendaraan roda empat. Coban Panca Warna berada nggak jauh dari Coban Ciblungan, jaraknya pun hanya sekitar 1 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *