Air Terjun Sedudo, Keindahan Dibalik Pesona Mistisnya

Setiap kota biasanya memiliki cerita atau kisah mistis yang berbeda. Cerita tersebut berkaitan dengan kisah pada masa lampaunya. Tak terkecuali yang ada pada kota Nganjuk ini. Air terjun sedudo salah satunya.

Dibalik cerita mistisnya, air terjun ini memiliki pesona keindahan tersendiri. Sobat Hayaa! akan melihat pemandangan yang hijau di sekitar serta udara yang masih bersih dan sejuk. Airnya juga bersih dan jernih, masih alami.

Untuk warga Nganjuk pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata ini. Tempat wisata ini setiap hari selalu ada yang mengunjunginya. Air terjun ini bukan air terjun musiman yang ada airnya hanya ketika musim hujan saja, namun setiap harinya air selalu mengalir dari sumber tersebut.

Daya Tarik

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun Sedudo memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin refreshing, ingin bertapa, atau mungkin hanya sekedar ngopi ditempat ini.

Air terjun Sedudo dipercaya sebagai tempat yang suci dan keramat. Konon katanya, tempat ini merupakan tempat mandi bagi para dewa yang bersemayam disana. Tempat ini juga dahulu digunakan sebagai tempat untuk memandikan arca dan keris. Upacara tersebut dinamakan Prana Prahista.

Tradisi tersebut masih dijalankan tapi diganti dengan acara upacara mandi sedudo. Acara tersebut dilakukan setiap tanggal 1 Suro. Tradisi tersebut bukannya membuat wisatawan merinding, malah menjadi daya tarik sendiri untuk disaksikan.

Bagi pengunjung yang ingin mandi juga diperbolehkan. Sudah disediakan kolam tepat berapa di bawah kerojogan air terjun tersebut. Karena merupakan tempat mandi bagi para dewa, dipercaya jika mandi menggunakan air tersebut dapat membuat awet muda.

Lokasi & Tarif Air Terjun

Alamat Air Terjun Sedudo berada di Jalan sedudo, desa Ngaliman, Kecamatan sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jarak yang harus di tempuh dari pusat kota nganjuk adalah sekitar 30 km. dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dengan jalan tanjakan dan berkelak-kelok.

Untuk sobat Hayaa! yang kesana, pastikan performa kendaraannya dalam keadaan baik. Dan jangan lupa untuk berhenti jika dirasa kendaraannya sudah panas agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Setelah sampai digerbang pertama, sobat Hayaa! akan dikenakan tiket perorang sebesar Rp 15.000,- Pastikan jangan sampai kehilangan tiket tersebut karena akan ada pemeriksaan di loket kedua.

Loket kedua ini berada di pintu masuk ke area wisata Watulawang. Di loket kedua ini, sobat Hayaa! harus menunjukkan tiket yang sudah dibeli serta membayar Rp 2.000 untuk biaya parkirnya. Berjarak sekitar dari 1 Km dari loket tersebut, sobat Hayaa! akan sampai ke lokasi air terjun Sedudo tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *