Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Membahas tentang wilaya tentu tak lepas dari tempat spesial yang menarik. Baik itu dari segi budaya, seni dan keindahan alam. Sama halnya di Bulukumba yang memiliki keindahan alam, di mana mampu menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya ialah Pantai Tanjung Bira.

Pesona Pantai Tanjung Bira (Foto: Ewink)

Pantai Tanjun Bira merupakan obyek wisata yang menyajikan keindahan sangat menawan, di mana bukan hanya pasir putih dengan tekstur sangat lembut, tetapi juga menyajikan keindahan laut yang begitu jernih dengan aneka macam spesias bahwa laut, seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil dan lain sebagainya.

Pantai yang berlokasi di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari. Bulukumba, Sulawesi selatan pada umumnya sudah menjadi pantai paling hits di kalangan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meskipun pantai ini menjadi yang terhits, namun di lihat dari fisiknya pantai ini masih terbilang sangat alami, di mana terlihat dari tempatnya yang masih sangat bersih dan banyak pepohonan di sekitarnya.

Sejarah Pantai Tanjung Bira

Pada mulanya Pantai Tanjung Bira di kenal sebagai pusat pembuatan perahu finisi nusantara paling awet dan kuat. Perahu ini di buat dari tangan rakyat penduduk Tanjung Bira. Ada banyak perahu yang di buat di Tanjung Bira dengan berbagai macam fariasi, mulai dari yang berukuran kecil, sedang, atau bahkan yang berukuran besar, di mana mampu memuat ratusan ton hasil nelayan masyarakat setempat.

Perahu yang dibuat di Tanjung Bira memiliki sejarah yang di percaya masyarakat setempat sampai sekarang. Konon katanya, ada pangeran bernama Sawerigading dari negeri palopo berlayar menggunakan perahu buatan Masyarakat Tanjung Bira. Sesampai di daerah Tanjung Bira perahu tersebut di hempas oleh obak yang sangat kencang sehingga mengakibatkan perahu tersebut terbagai menjadi tiga bagian, yakni di daerah Tanahlemo, Desa Ara, dan Daerah Bira. Ketiga daerah tersebut masing-masing memiliki kepandaian tersendiri loh, di mana untuk daerah Tanahlemo pandai dalam pembuatan galangan kapal, untuk Desa Bira pandai dalam Pembuatan lambung kapal, dan untuk Daerah Bira pandai dalam berlayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira

Pesona Bawah Laut Pantai Tanjung Bira (Foto: TanjungBiraOfficial)

Untuk harga tiket masuk ke pantai Tanjung Bira tidak menguras isi dompet. Hanya dengan harga 10 ribu saja untuk wisatawan lokal,dan 20 ribu untuk wisatawan mancanegara, sudah bisa menikmati semua keindahannya.

Terdapat juga biaya tambahan bagi sobat yang datang dengan kendaraan pribadi, yakni untuk motor sebesar 5 ribu dan mobil sebesar 10 ribu.

Akses Menuju Pantai Tanjung Bira

Obyek wisata Pantai Tanjung Bira berjarak sekitar 6, tiga km dari pusat kota Bulukumba. Tentu dengan jarak tersebut, untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira sangat mudah apalagi menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, di mana kita tahu bahwa jalan menuju pantai ini sangat memadai, alias sudah di aspal. Untuk rute dari Kota Bulukumba yakni sobat tinggal ambil arah menuju ke jln. Poros Pelabuhan Bira.

Sedangkan, jika sobat tepat berada di Kota Makassar, Tepatnya di Pantai Losari yakni ambil rute menuju ke Kab. Gowa, kemudian ke Kab. Takalar. Setelah itu sobat tinggal lurus arah Kab. Jeneponto, dan lanjutkan perjalanan ke arah Kab. Bantaeng. Nah, dari sini sobat ambil rute jalan Poros Bantaeng-Bulukumba untuk sampai di Pantai Tanjung Bira. Sobat hanya membutukan kurang lebih lima jam perjalanan dari makassar ke Pantai Tanjung bira.

Namun, jika sobat masih kebingungan dengan rute di atas maka silakan lihat peta lokasi di bawah ini.

Kuliner Sekitar Pantai Tanjung Bira

Kuliner di Pantai Tanjung Bira (Foto: TourMakassarToraja)

Selain menikmati panorama pantai Tanjung Bira, di sini sobat juga bisa menikmati menu kuliner di beberapa tempat kuliner dengan harga yang relatif murah. Rata-rata menu makanan yang di jual di sekitaran pantai ini bersumber langsung dari laut Pantai Tanjung Bira yang di tangkap oleh nelayan setempat.

Kuliner yang ada di sekitaran pantai ini di masak dengan cita rasa yang berbeda-beda dan guri. Ada yang rasa pedas, tidak pedas adapula yang rasanya asam.

Fasilitas Pantai Tanjung Bira

Wisata yang cukup terkenal dan populer di mata wisatawan tentu sudah di lengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang memadai. Lantas apa saja fasitasnya:

1. Peralatan Renang

Salah satu keunggulan yang di miliki pantai ini ialah keidahan bawah laut. Maka dari itu, pihak pengelola pantai menyediakan fasilitas berupa peralatan snorkelling dengan harga yang sangat murah.

2. Penginapan

Di sekitaran pantai ini juga terdapat fasilitas berupa penginapan yang dapat sobat sewa. Fasilitas penginapan ini berbeda-beda mulai dari harga murah seperti homestay, sampai dengan harga yang mahal seperti villa atau Bungalow.

3. Untuk Umum

Pihak pengelolah obyek wisata pantai tanjung bira juga menyediakan fasilitas umum untuk semua pengunjung, tanpa di pungut biaya. Adapun fasilitas yaitu mushola, wc umum, tempat parkir, tempat duduk di pinggiran pantai dan lain-lain.

4. Perahu Antar Pulau

Di pinggiran pantai terdapat juga perahu yang siap mengantarkan sobat untuk melanjutkan wisata ke pulau seberang. Ada dua pulau yang menjadi paling di buru bisatawan, yakni pulau Kambing dan Pulau Liukang loe. Jika sobat berwisata ke Pantai Tanjung Bira maka jangan lewatkan kedua pulau tersebut. Di sana sobat bisa melakukan berbagai jenis kegiatan wisata, seperti misalanya Snorkeling, menelusuri bibir pantai yang begitu menggoda dan masih banyak lagi.

Demikian pembahasan mengenai Sejarah, Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira, semoga artikel ini bermamfaat!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *