Inilah 5 Wisata Alam di Kota Bandung

Sudah bisa dipastikan bakal banyak plat kendaraan dari Jakarta bisa sobat Hayaa! temui di kota Bandung ketika akhir pekan. Sudah menjadi destinasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk datang ke Bandung karena udaranya yang sejuk.

Kota Bandung memang lokasinya berada di area pegunungan. Apalagi merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Karena keindahan tempat ini, dahulu disebut sebagai Paris van Java.

Wisata Alam di Bandung

Bandung memiliki geografis berupa pegunungan. Jadi sudah pasti akan memiliki banyak wisata alam yang bisa sobat Hayaa! kunjungi diakhir pekan nanti. Apa saja wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi ?

1. Kawah Putih Ciwidey

Sesuai namanya, merupakan sebuah kawah berwarna putih yang terletah di Ciwiday, sebuah daerah di sebelah selatan kota Bandung. Berjarak 50KM dari pusat kota, Kawah Putih Ciwedey ini memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi.

Akses jalan yang sudah memadai, serta adanya angkutan umum untuk sampai kesini, lokasi wisata ini sering kali ramai saat akhir pekan. Menyuguhkan sebuah pengalaman wisata yang unik dengan udaranya yang sejuk. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kawah bertanah putih. Apalagi warna pada kawah tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan cuaca dan suhu.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan di Lembang, Bandung. Setiap akhir pekan pasti akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi aksesnya yang mudah serta hanya berjarak 20KM ke utara dari Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki legenda unik, yang mengkisahkan tentang Sangkuriang yang berusaha menikahi seorang wanita cantik bernama Dayang Sumbi yang ternyata ibunya sendiri.

Singkat cerita, Dayang Sumbi memberikan syarat kepada Sangkuriang untuk membuatkan danau dan kapal dalam satu malam. Karena gagal menyelesaikannya, Sangkuriang murka dan menendang kapal tersebut hingga terbalik dan berubahlah menjadi gunung.

Jika sobat Hayaa! lihat dengan seksama dari kejauhan, gunung ini akan benar seperti sebuah kapal yang terbalik.

3. Situ Patenggang

Sebuah danau yang sudah terkenal di kota Bandung. Namanya sendiri berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti “Saling Mencari”. Bukan sebuah kata, namun ada sebuah cerita dibalik penamaan tersebut. Dahulu ada sepasang kekasih yang saling mencari dan akhirnya bertemu di danau tersebut.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Situ Patenggang adalah adanya sebuah pulau kecil di tengah danau berbentuk hati. Pulau ini dinamakan Pulau Asmara, ada pula yang menamakan Pulau Sasaka. Lokasinya berdekatan dengan Kawah Putih Ciwidey, sobat Hayaa! bisa sekalian berkunjung kesana jika mampir kesini.

4. Bukit Moko

Tempat ini mungkin belum terkenal dikalangan wisatawan. Namun, sebenarnya tempat ini cocok sekali untuk sobat Hayaa! bersantai dan melepaskan kepenatan dari kemacetan kota. Tempat ini disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di kota Bandung dan sering kali dikunjungi oleh warga Bandung sendiri.

Di Bukit Moko, sobat Hayaa! akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang indah. Serta di Bukit Moko masih memiliki udara yang sejuk, apalagi suhunya yang dingin. Lokasinya berada di desa Cimenyan. Untuk sampai ke lokasi, sobat Hayaa! harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum menuju kesana.

5. Maribaya

Maribaya memiliki sebuah wisata alam sumber mata air panas belerang. Lokasinya berada di Lembang, 22KM dari pusat kota Bandung. Dipercaya bahwa sumber mata air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit serta membat kulit lebih halus.

Selain terkenal karena sumber mata airnya, Maribaya memiliki wisata alam lain berupa air terjun dan taman. Selain itu, salah satu yang menjadi favorit saat ke Maribaya adalah olahraga tracking. Bahkan sekarang sobat Hayaa! dapat menjumpai wisata alam baru lainnya disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *